Berita Utama

Verifikasi Desa ODF Kecamatan Tambak Kab. Banyumas Serta Penerimaan Kegiatan KKL STMIK AMIKOM Purwokerto Tahun 2018

Dilihat : 7111 Kali, Updated: Selasa, 25 September 2018
Verifikasi Desa ODF Kecamatan Tambak Kab. Banyumas Serta Penerimaan Kegiatan KKL STMIK AMIKOM Purwokerto Tahun 2018

Plangkapan, 18 September 2018. Diadakan VERIFIKASI DESA ODF (Open Defecation Free) atau kondisi ketika setiap individu dalam komunitas untuk memiliki kesadaran tidak buang air besar sembarangan. Kegiatan verifikasi berlokasi di wilayah Desa Plangkapan Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas. Dalam kegiatan verifikasi tersebut di hadiri oleh Kepala Desa Plangkapan, Camat Kecamatan Tambak, Kapolsek Tambak, Danramil Tambak, Kepala Puskesmas I Tambak, Tim Verifikasi dari Kecamatan, Kader Posyandu, serta warga sekitar.

 

Pemerintah telah memberikan perhatian di bidang higiene dan sanitasi dengan menetapkan Open Defecation Free dan peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat pada tahun 2009 dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2004 - 2009. Hal ini sejalan dengan komitmen pemerintah dalam mencapai target Millennium Development Goals (MDGs) tahun 2015, yaitu meningkatkan akses air minum dan sanitasi dasar secara berkesinambungan kepada separuh dari proporsi penduduk yang belum mendapatkan akses. (halaman sumber)

 

 

 

 

 

 

Dalam kegiatan ODF tersebut juga disematkan penerimaan kegiatan KKl (kuliah kerja lapangan) dari mahasiswa STMIK AMIKOM Purwokerto yang akan dilaksanakan dalam waktu 2 minggu. Survei lokasi perumahan warga yang masih belum memiliki jamban dibantu juga oleh mahasiswa dari STMIK AMIKOM yang sedang melaksanakan kegiatan kuliah kerja lapangan disambut baik pula oleh tim verifikasi dari Kecamatan.

 

 

 

 

Pengetahuan yang minim tentang bahaya buang air besar sembarangan merupakan salah satu penyebab kurangnya kesadaran buang air besar sembarangan yang masih terjadi di desa plangkapan kecamatan tambak. Hasil prosentase sementara ini dari kegiatan verifikasi sudah mencapai nilai 90%.

 

 

(posted by : KKL STMIK AMIKOM PURWOKERTO 2018)

Komentar